Hukum sujud sahwi : wajib ataukah sunnah ?

ImagePerbedaan pendapat :

Pendapat I (Syafi’i) :

sunnah

Pendapat II (Abu Hanifah) :

wajib, tetapi ia termasuk syarat sahnya sholat.

Pendapat III (Malik) :

berbeda antara sujud sahwi karena perbuatan (yakni wajib) dan sujud sahwi karena ucapan (yakni sunnah), dan berbeda pula antara sujud sahwi karena kurang (yakni wajib)dan sujud sahwi karena lebih (yakni sunnah).

Sebab perbedaan pendapat :

Perbedaan dalam menetapkan sujud sahwi yang telah dilakukan oleh Nabi saw, termasuk wajib ataukah sunnah?

ImageIslam adalah agama yang mengakui estetika. Allah sendiri, mempunyai sifat Jamil (Yang Indah). Untuk bisa memahami alangkah indahnya Allah maka kita hendaknya merenungkan keindahan ciptaan-Nya. Apabila ciptaan-Nya begitu indah maka alangkah indahnya Yang Menciptakan semua ciptaan yang indah itu?

Manusia telah diciptakan dalam format yang paling baik diantara makhluk-makhluk lainnya. Karena itu, suara manusia – sebagai bagian dari dirinya – juga termasuk suara yang paling indah diantara berbagai bunyi dan suara yang ada di alam ini (Ingat kisah tentang suara Nabi Dawud as). Jadi, suara indah manusia merupakan suatu karunia yang harus disyukuri, dan bukan sebaliknya, disesali dan dipersalahkan.

ImageHukum sholat witir

Perbedaan pendapat :

Pendapat I (jumhur) : sunnah muakkadah.

Pendapat II (Abu Hanifah) : wajib.

Sebab perbedaan pendapat :

Pertentangan antar hadits.

Pendapat Sayyid Sabiq :

Hukum sholat witir adalah sunnah muakkadah. Adapun pendapat Abu Hanifah, ada yang mengatakan bahwa pendapat tersebut adalah pendapat yang lemah.

ImageTakbir apa yang wajib?

Perbedaan pendapat :

Pendapat I : semua takbir

Pendapat II : hanya takbiratul ihram

Sebab perbedaan pendapat :

Pertentangan antar hadits

Pendapat Sayyid Sabiq :

Takbir yang wajib hanyalah takbiratul ihram. Adapun takbir intiqal maka hukumnya adalah sunnah.

ImageHukum sholat qashar

Perbedaan pendapat :

Pendapat I (Hanafiyah, fuqaha Kufah):

qashar adalah fardhu atas musafir

Pendapat II (Syafi’iyah) :

boleh dipilih antara qashar dan itmam.

Pendapat III (riwayat paling populer dari Malik) :

qashar adalah sunnah.

Pendapat IV (riwayat dari Syafi’i) :

qashar adalah rukhshah, dan itmam lebih utama.