Cetak

Berikut ini beberapa tips praktis untuk bisa menjaga amalan harian kita.

Pertama, sholat wajib lima waktu. Tunaikan tepat waktu, sebisa mungkin di awal waktu. Lakukan sebisa mungkin berjamaah, utamanya berjamaah di masjid bagi laki-laki. Lakukan dengan tenang dan khusyu', jangan tergesa-gesa dan lalai. Jangan lupa berdzikir sesudah sholat wajib.

Kedua, sholat sunnah yang utama. Meliputi:

1) sholat-sholat sunnah rawatib muakkadah, yaitu 2 rakaat sebelum sholat shubuh, 2 rakaat sebelum sholat zhuhur, 2 rakaat sesudah sholat zhuhur, 2 rakaat sebelum sholat asar, 2 rakaat sesudah sholat maghrib, dan 2 rakaat sesudah sholat isya',

2) sholat malam, minimal sholat witir 3 rakaat jika betul-betul sempit,

3) sholat dhuha, minimal 2 rakaat. Diantara saat yang tepat adalah sebelum berangkat bekerja, dimana badan sudah segar karena sudah mandi dan pakaian pun sudah rapi.

Ketiga, dzikir pagi dan dzikir petang. Tidak harus membaca secara lengkap kumpulan dzikir-dzikir pagi dan petang. Paling tidak ada beberapa dzikir pilihan yang senantiasa dibaca setiap pagi dan petang.

Keempat, membaca Al-Qur'an. Kita bisa membaca Al-Qur'an melalui dua cara. Pertama, membacanya pada sholat malam. Kedua, membacanya di luar sholat. Usahakan tiada hari tanpa membaca Al-Qur'an.

Kelima, olahraga ringan setiap pagi. Ini adalah hak jasmani dalam rangka menjaga nikmat kesehatan.

Kita harus mendisiplinkan diri kita untuk melakukan amalan-amalan harian diatas setiap hari, sampai betul-betul menjadi kebiasaan kita. Untuk awalan, jika belum terbiasa, kita harus memaksakan diri kita sampai lama-lama kita terbiasa melakukannya setiap hari. Ibarat gaya gesek pada benda, lebih besar jika awalnya diam namun lebih kecil jika benda sudah bergerak.